Lintas Instansi di Karawang Distribusikan 666 Ribu Liter Air ke Sejumlah Wilayah Terdampak Kekeringan

Ilustrasi, petugas menyalurkan air bersih kepada warga di wilayah terdampak kekeringan di Kabupaten Bekasi. (Diskominfo Kabupaten Bekasi)

HALOKARAWANG – Sebanyak 666 ribu liter air bersih didistribusikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, ke sejumlah wilayah yang terdampak kekeringan.

Ratusan ribu air bersih tersebut didistribusikan ke 18 desa di Kabupaten Karawang yang mengalami krisis air akibat kekeringan sebagai dampak dari musim kemarau panjang.

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengatakan pendistribusian air bersih dilakukan setiap hari selama dua bulan terakhir oleh sejumlah instansi yang didistribusikan ke daerah kekeringan sudah mencapai 666 ribu liter.

Di antara instansi yang mendistribusikan air bersih tersebut di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam), PMI, jajaran TNI, Polri dan pihak lainnya.

BACA JUGA: Viral Warga di Karawang Keluhkan Air PDAM Berwarna Hitam dan Bau

“Kami terus meminta BPBD dan Perumdam Karawang saling berkoordinasi untuk support air bersih ke daerah kekeringan,” kata Aep seperti dikutip dari Antara.

Aep menyampaikan bahwa selama musim kemarau tahun ini, BPBD dan Perumdam Tirta Tarum sebagai instansi terdepan menangani bencana kekeringan harus benar-benar melayani masyarakat yang membutuhkan air bersih.

Menurut dia, bencana kekeringan saat musim kemarau pada tahun ini cukup panjang. Sehingga kordinasi yang baik dalam pendistribusian air bersih sangat diperlukan, agar pendistribusian air bersih tidak melulu dilakukan di daerah yang sama.

Catatan BPBD Karawang, hingga tanggal 16 Oktober 2023, bencana kekeringan melanda 18 desa yang tersebar di lima kecamatan.

Sementara itu, sejumlah wilayah di Karawang dalam beberapa hari terakhir mulai diguyur hujan dan warga bersyukur serta berharap masalah krisis air bersih bisa teratasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *